Home » android » Nih Solusi Biar Hasil Bunyi Rekaman Video Android Xiaomi Tidak Pecah

Nih Solusi Biar Hasil Bunyi Rekaman Video Android Xiaomi Tidak Pecah

Kamis, Februari 16th 2017. | android, xiaomi
hilangkan noise pada audio rekaman android xiaomi Nih Solusi Agar Hasil Suara Rekaman Video Android Xiaomi Tidak Pecah
xiaomi

Kualitas kamera pada smartphone Android kini sudah bagus-bagus dan selalu hadir dengan sensor kamera yang terbaru pula tiap kali produsen mengeluarkan produknya. Seperti juga pada smartphone Xiaomi yang selalu mengeluarkan produk dengan spek mumpuni. Boleh dikatakan menyerupai kata orang-orang bilang yakni spek dewa. Rata-rata kini disematkan kamera 5 MP untuk kamera depan yang biasa buat foto selfi dan video call serta disematkan kamera belakang dari 12 MP-16 MP. Yang menimbulkan hasil foto lebih jernih dan juga sanggup mengambil video dengan resolusi HD, Full HD, 2K dan bahkan hingga 4K, tergantung dari type smartphonenya.

Namun sayang, kadang banyak keluhan dari pengguna smartphone Xiaomi wacana kualitas audio yang buruk dari hasil rekaman video, meski sudah mencoba dari setting resolusi HD dan Full HD juga pun. Admin pun juga pernah mengalami hal yang sama yaitu pada ketika merekam program konser musik dengan kamera Xiaomi Note 3 Pro jadinya audionya pecah. Banyak noise, bunyi treble pecah, bunyi bass “nggeber” lah. Bisa dibayangin pegang dan nahan handphone supaya tetap stabil dengan tangan selama 3 jam untuk merekam, namun jadinya sehabis dibawa pulang kualitas audio dari hasil rekaman  video Xiaomi Note 3 Pro pecah semua. Terlebih ketika kita coba dengarkan dari headset, beuuhh ancur. Admin pikir kualitas audio Xiaomi Note 3 Pro jelek. Kerjaan yang sia-sia.

Tidak hanya waktu merekam video ketika ada konser, hasil audio akan terjadi banyak noise dari video rekaman handphone Android ketika perjalanan (touring motor) atau waktu naik gunung pun, ini disebabkan terlalu banyak angin yang masuk tertangkap oleh microphone.

Namun benarkah demikian?
Admin berpikir kualitas mic atau lebih jelasnya microphone untuk merekam video pada Xiaomi tidak jelek. Hanya terlalu sensitif saja. Ini mempunyai kegunaan ketika kita melaksanakan panggilan telepon dan juga video call, pengguna smartphone Xiaomi tidak perlu teriak-teriak lagi apabila jauh dari smartphone maka bunyi pengguna akan tetap tertangkap oleh microphone. Hanya saja microphone yang sensitif inilah yang mengakibatkan bunyi audio pecah dari hasil rekaman video Xiaomi. Bahkan angin yang yang bertiup pelan pun tertangkap oleh microphone, sehingga mengakibatkan banyak noise.

Tadinya Admin pikir kualitas audio yang buruk dari hasil rekaman video Xiaomi Note 3 Pro dikarenakan duduk kasus softwear atau dari versi rom yang dipakai. Namun berhubung dengan alasan tidak punya kuota untuk ganti atau upgrade, Admin menentukan solusi lain untuk memecahkan duduk kasus kualitas audio yang buruk dari hasil rekaman video smartphone Xiaomi ini.

Solusi Audio Jelek dan Pecah Dari Hasil Rekaman Video Kamera Xiaomi.

Cara gampang supaya  hasil bunyi tidak pecah dari rekaman video Android Xiaomi yaitu dengan memakai mic atau microphone eksternal.
1. Microhone eksternal untuk handphone Android kini sanggup di toko-toko assesoris handphone. Atau sanggup juga dibeli melalui situs belanja online menyerupai di Bukalapak maupun Tokopedia. Contohnya seperti ini. Dengan penambahan mic eksternal akan mengurangi noise yang masuk, lantaran microphone sudah dilengkapi busa sebagai filter bunyi yang masuk ke microphone. 
2. Atau kau sanggup mencoba dahulu dengan meggunakan headset handphone yang cocok dengan type Android Xiaomi Anda. Contohya Admin hanya pakai headset music ori bawaan Samsung S4. Dengan ditambah kapas atau busa untuk menutup pada lubang kecil microphone pada headset, ini cukup untuk mengurangi noise yang masuk ke microphone. Suara hasil rekaman video dari kamera Xiaomi Note 3 jadi tidak pecah. Meski ketika merekam video bersahabat dengan speakerpun, bunyi hasil rekaman cukup terang dan tidak pecah. Meskipun masih ada noise menyerupai bunyi angin atau udara yang masuk terdengar pada ketika jeda musik, kita sanggup kok mengeditnya nanti dengan aplikasi edit video. Dan jadinya kau sanggup bedakan.
Kalau Admin sih pernah rekam video wayangan, konser dangdut, Band. Untuk hasil audionya sih tidak mengecewakan kayak pakai alat profesional. Suara gong mantab, bunyi bass yummy tidak nggeberr, bunyi trebel tidak pecah/sember, bunyi vokalis juga tidak cempreng dibanding polosan tanpa mic external kaya bunyi kantong kresek.
Namun tidak untuk hasil videonya. Karena kita tahu, kalau beli handphone Xiaomi dapatnya sensor kamera bukan Sony, maka hasil videonya yaa gitu.. apalagi jikalau untuk merekam video di malam hari..ya tambah gitu.
3. Berhubung aplikasi kamera bawaan handphone Android menyerupai pada Xiaomi tidak support dengan microphone eksternal, kau sanggup gunakan aplikasi kamera menyerupai Open Camera, atau aplikasi lainnya yang tersedia di Google Play yang sudah support external microphone.

Selamat mencoba ya..
Semoga sehabis memakai external microphone, hasil rekaman video handphone Android Xiaomi kau lebih anggun dan lebih jernih.

tags: , ,