Home » android » Nih Pulang Kampung Kondusif Mengendarai Sepeda Motor

Nih Pulang Kampung Kondusif Mengendarai Sepeda Motor

Minggu, Maret 13th 2016. | android

Sebenarnya bagi pemilik motor termasuk aku juga,mudik ke kampung halaman menggunakan motor merupakan hal biasa. Namun hal ini dapat menjadi luar biasa alasannya tiap tahun berjuta motor dan kendaraan lain meninggalkan suatu kota bersama-sama. Seolah-olah kota itu sedang terjadi tragedi dan mereka terburu-buru dan berdesakan ingin segera meninggalkan kota itu.


Inilah fenomena tiap tahun yang kita alami dan selalu kita rindukan. Bermacet-macetan, kepanasan, kehujanan sampe saking lelahnya di perjalanan hingga ada yang tidur di pinggir jalan penuh bubuk yang ngebul. Karena hampir rata-rata kita pernah melihat pengendara motor yang dari yang dari astrea star hingga pemilik ninja 250, aku sering melihat mereka tidur di pinggir jalan penuh bubuk ketika mudik,mungkin saking tidak berpengaruh menahan lelah dan kantuk atau mungkin dana mereka yang terbatas buat sewa tikar mungkin. 😀

(mungkin mereka itu termasuk anda atau aku .. hehe..

Dan masih maukah anda mengalami keadaan yang ibarat pulang kampung tahun kemarin? Dan anda yang belum pernah mengalaminya aku sarankan jangan ikuti gaya mereka.

Alangkah baiknya bagi pemudik yang menggunakan motor menggunakan tips-tips berikut :

    1. Pastikan dulu anda punya motor / nebeng juga bisa.

    2. Pastikan punya dana yang cukup / ngutanglah secukupnya.
    Karena berapapun dana yang anda siapkan, niscaya akan habis kalau anda tidak pintar-pintar menjaga keuangan anda.

    3.Teman seperjalanan.

    Carilah teman seperjalanan dengan pengemudi motor lain usahakan dengan motor yang   tenaga dan ukuran tangki materi bakarnya seimbang. Karena ukuran tangki beda dapat bikin jengkel.
    Bayangkan kalau anda pemakai motor pemuda 150 cc ukuran tangki 13 liter sedang teman anda menggunakan motor angsa tangki isi 3-4 liter, niscaya anda harus bersabar menunggu ( padahal belum waktunya istirahat ) kerena tiap rata-rata 3 jam sekali beliau akan berhenti untuk isi bensin. Kaprikornus intinya, kalau waktunya isi materi bakar dapat barengan,atau kalau memungkinkan bawa materi bakar cadangan.

     4. Rencana perjalanan.

    Tips pulang kampung kondusif mengenarai sepeda motor selanjutnya yaitu membuat  rencana perjalanan yang dibicarakan pada teman anda atau team anda, ini ibarat kapan harus istirahat,kapan harus isi bensin,dan bagaimana kalau salah satu teman tertinggal.


    Kalau berdasarkan aku waktu isi bensin dan istirahat yaitu waktu yang sama jadi gunakanlah materi bakar semaksimal mungkin dan buatlah jarak tempuh sejauh2nya atau sampe anda dan teman merasa

    lelah. Bagi pemakai motor pemuda usahakan tiap 3-4 jam meskipun bensin anda masih penuh.
    Bagaimana dengan teman yang tertinggal, kalau berdasarkan aku tidak usah saling tunggu,yang ada,yang paling depan biasanya malah merasa jengkel harus nunggu lama. Yang penting saling kasih kabar waktu istirahat atau selagi sempat. Terkecuali kalau ada yang tertinggal alasannya kecelakaan, yaaa sebagaimana kewajiban dan moral seorang teman lah yang memilih sikapnya.

    5.Perlengkapan wajib.
    a. Motor.

    Soal motor buat pulang kampung lebih yummy bawa motor matic varian atau sekelas Honda Vario keatas,alasannya ketika balik dari kampung, dapat buat muat beras sekarung.

    Motor juga ada baiknya di servise lebih dahulu di bengkel. Tapi ya inget, kalau motormu Yamaha ga usah dibawa service ke bengkel resmi Honda. 


    b.Alat komunikasi dan navigasi.

    Jangan lupa, bawa handphone dan diisi pulsa, jangan mengandalkan paket data internet untuk telpon penting. Gunakan google map atau peta offline lainnya untuk membantu mencari jalur alternatif. Untuk yang ingin punya HT / walkie talkie atau sekelas Sena tapi tidak ada dana, dapat menggunakan Intercom for Android, ini dapat mempunyai kegunaan untuk saling komunikasi lewat wifi tanpa kuota secara gratis.

    c.Helm,jaket,sarung tangan dan sepatu serta mantel

    Ini aku hanya bahas wacana sepatu saja, yang lain terserah, suka-suka anda. Nah, untuk sepatu, pakailah sepatu khusus pengendara motor. Tapi berhubung dana terbatas aku malah merasa nyaman dan kondusif kalau menggunakan sepatu safety perlengkapan kerja saya. Karena sepatu ini dapat menghindarkan luka / cidera  kalau misal jempol kaki kita kelindes roda motor sebelah kita,sewaktu macet-macetan. Toh meski di jalan menggunakan sepatu gres dan mahal di ketika mudik, orang-orang juga jarang memperhatikan,pikiran mereka sudah terlalu capek. Jadi, buat apa pamer di jalan.


    d. Bekal dan barang bawaan.

    Tidak usah bawa bekal berlebih,sekiranya ada yang dapat beli di jalan waktu istirahat.Jangan lupa bawa obat-obatan yang diperlukan.


    e. Kunci-Kunci peralatan motor.

    Untuk ini sebenernya optional,ada yang merasa penting dan perlu bawa, serta ada juga yang tidak terlalu butuh. Yang penting yakin, kalau motor siap untuk jarak jauh. Seperti aku juga, cuma bawa peralatan bawaan motor dan yang penting oli rantai jenis spray yang gampang dibawa.

        

    Saatnya perjalanan.        

    Berdoa sebelum berangkat. Buatlah asumsi waktu berangkat kira-kira hingga di kawasan cikampek belum macet. Kalau yang pulang kampung ke wilayah lampung tentu mereka memperkirakan kapan kegiatan keberangkatan kapal atau kapan harus melewati kawasan rawan.
    Safety riding, jalanlah di tepi kiri ketika anda jalan lebih pelan dibanding yang lain, jangan ibarat kebiasaan orang-orang di hari biasa yang naik motor pelan-pelan di tengah jalur. Dalam perjalanan tidak perlu kebut-kebutan apalagi geber-geber gas atau lebih yummy konstan aja, alasannya selisih waktu ga begitu terpaut jauh.
    Ketika jalan bareng dengan teman atau tim usahakan saling gantian siapa yang memimpin di depan, istilahnya balapan dengan teman sendiri. Ini untuk memicu semangat dan mengusir rasa ngantuk, tapi ingat tetap berhati-hati jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

    Jajan makan di pinggir jalan, tanyakanlah harga masakan dan minuman sebelumnya. Bertanyalah dengan sopan dan kalau ada tikar yang disediakan, minta ijin pada penjual kalau ingin menggunakan. Hargailah mereka dan kalau hendak pergi jangan lupa ucapakan terima kasih. Terkecuali kalau anda kepalak dengan harga mahal yang tidak wajar. : D Atau belilah masakan dan minuman di mini market terdekat. Ketika tidur istirahat, usahakan ada teman yang masih terjaga. Ketika anda sendirian carilah tempat yang ramai dan aman. Sapalah orang di sekitarmu atau anda dapat bilang numpang istirahat.

    Aplikasi Intercom for Android dapat kau peroleh gratis dari Google Play.

    Sekian tips pulang kampung kondusif mengendarai sepeda motor.
    Semoga bermanfaat. Hati-hati di jalan.

    tags: ,