Home » android » Nih, Mengenal Istilah Android (Root, Flash, Twrp, Ubl, Hh, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Nih, Mengenal Istilah Android (Root, Flash, Twrp, Ubl, Hh, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Jumat, Februari 24th 2017. | android

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak) – Kebanyakan yang mempunyai hp android statusnya hanya sebagai pengguna murni saja tidak lebih, namun terkadang jikalau terjadi suatu kerusakan pada perangkat android miliknya, maka mulailah si pengguna yang tadinya hanya tau memakai mencari cara bagaimana cara memperbaiki hp tersebut.

Pada umumnya jikalau terjadi kerusakan pada hp android, ada 2 cara yang bisa dipilih, yang pertama diperbaiki oleh langsung dan yang kedua bawa ketukang service hp, namun jikalau ingin menempuh jalur hemat  ya pilihannya ialah memperbaikinya sendiri.

Saat ini ada aneka macam jenis kerusakan yang bisa terjadi pada smartphone anda, terutama smartphone dengan sistem opearasi android, baik kerusakan hardware, kerusakan software atau kerusakan pada sistem android, jikalau kerusakan terjadi pada sisem softwarenya kemungkinan besar bisa diperbaiki, bahkan tanpa santunan teknisi sekalipun, lantaran dikala ini ada aneka macam info yang beredar di internet yang mengatakan segala macam solusi yang bisa kita coba untuk memperbaiki hp yang kita miliki.

 Kebanyakan yang mempunyai hp android statusnya hanya sebagai pengguna murni saja tidak leb Nih, Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Yang menjadi hambatan pemula yang ingin mencoba memperbaiki ponselnya sendiri biasanya terbentur istilah-istilah android yang sulit untuk dipahami, lantaran umumnya info yang diuraikan di dalam sebuah artikel tutorial android yang bertebaran di internet kebanyakan memakai istilah-istilah android yang kadang gres didengar oleh pemula.

Untuk para pengguna android yang sering ngoprek, istilah tersebut tentu sanggup dipahami dengan baik lantaran mereka sering membaca dan mendengar istilah tersebut, tapi untuk pemula aku yakin anda akan dibentuk pusing memahaminya sehingga tidak jarang mereka harus mencari tau sendiri pengertiannya.

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Di artikel kali ini, aku akan menjelaskan mengenai istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia android, terutama yang sering dipakai oleh teknisi atau pengguna yang sering ngoprek android, sehingga untuk anda yang gres mengenal dunia android bisa memahaminya dengan baik.

Ada aneka macam Istilah-istilah android, namun istilah yang akan aku uraikan di artikel kali ini ialah istilah yang sering sekali digunakan, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Root / Rooting

Ketika berurusan dengan perangkat android, setidaknya anda sering mendengar istilah root/rooting, lantas apa itu root/rooting ?
 
Jika diartikan root itu ialah akar, namun root di dunia android berkaitan dengan level user yang sering juga dipakai di dunia linux.

Root di dunia android bahwasanya ialah nama level user yang mempunyai jalan masuk full terhadap sistem android, sayangnya di  semua ponsel android  yang beredar di pasaran level user root ini kebanyakan dalam mode terkunci, pengguna android biasanya hanya mempunyai level penguna yang aksesnya dibatasi, mereka hanya bisa menambahkan /memodifikasi /menghapus aplikasi android dari pihak ke 3 saja tanpa bisa memodifikasi sistem android secara penuh.

Agar pengguna android mempunyai jalan masuk penuh terhadap sistem android miliknya, maka diharapkan jalan masuk dengan level root, untuk tujuan ini, maka salah satu caranya si pengguna harus bisa membuka kunci level root tersebut, kegiatan ini disebut dengan rooting, istilah rooting ini sama halnya dengan jail break di smartphone apple.

2. Flash / Falsing

Istilah yang kedua yang tidak kalah seringnya didengar adalah istilah flash /flashing, istilah ini sering kita dengar manakala ada kerusakan di hp android, lantas apa itu flash / flashing ?

Flashing jikalau di dunia komputer sama dengan melaksanakan instal ulang sistem operasi, tidak jauh berbeda, di android juga istilah flashing artinya melaksanakan instal ulang sistem operasi android, untuk melaksanakan flash biasanya membutuhkan ROM android sesuai dengan brand dan versi hp yang dipakai (semacam software sistem operasi window).

Untuk melaksanakan flashing, biasanya memerlukan santunan tool lainnya, semisal TWRP yang akan dijelaskan berikutnya.

3. TWRP

TWRP ialah akronim dari Teamwin Recovery Project, ialah sebuah tool boot android yang sanggup berjalan pada dikala hp android anda dalam mode boot (kondisi ketika hp dihidupkan sebelum masuk ke tampilan utama).

Tool TWRP jikalau dijalankan hanya menampilkan menu-menu sederhana dengan background gelap. Tool ini biasanya sangat dibutuhkan, untuk keperluan pemulihan atau recovery pada hp android, menyerupai contohnya ganti room dll.

 Kebanyakan yang mempunyai hp android statusnya hanya sebagai pengguna murni saja tidak leb Nih, Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)
Contoh tampilan twrp

TWRP untuk beberapa brand hp android sudah disediakan oleh sistem android itu sendiri, namun untuk beberapa versi ada yang belum ada, sebagian ada yang hanya menyajikan hidangan backup dan restore saja tergantung dari brand hpnya.

Agar hp android anda mempunyai tool TWRP yang mempunyai fitur lengkap biasanya harus melaksanakan instalasi/flash TWRP sendiri secara manual..

Untuk masuk ke mode TWRP, ponsel android harus dalam keadaan mati, lalu tekan tombol Volume + (Volume atas)  dengan tombol power secara bersamaan dalam waktu beberapa detik, ponsel anda akan melaksanakan booting menyerupai menyala dan akan masuk ke mode TWRP  jikalau di hp android anda sudah terpasang TWRP.

Tool ini sangat berkhasiat ketika hp anda ingin di root, flash dengan room yang lebih baru, melaksanakan backup atau recovery, menghapus file sistem (Wipe) dan fitur-fitur pemulihan lainnya yang cukup berguna.

4. UBL / Unlock Boatloader

Jika anda sering membaca android, setidaknya anda akan sering mendengar istilah UBL, istilah ubl ini bahwasanya akronim dari unlock boatloader, yaitu membuka kunci boatloader semoga hp bisa diinstal TWRP dan tool lainnya.

Status bootloader di beberapa perangkat android, menyerupai contohnya di hp xiaomi keluaran versi terbaru, boatloadernya dalam keadaan dikunci, tujuannya ialah untuk menciptakan hp terproteksi dengan baik, namun dengan beberapa alasan boatloader terkadang perlu di unlock. tentunya dengan santunan tool khusus.

5. HH

Di beberapa lembaga dan artikel internet terutama yang membahas ihwal android banyak yang menyebut istilah HH, perlu anda ketahui bahwa yang dimaksud dengan HH bahwasanya sama dengan hp itu sendiri, HH merupakan akronim dari Handheld artinya dipegang oleh tangan yang lalu diartikan sebagai handphone. lantaran ingin kelihatan keren banyak yang menyebutkan HP dengan istilah HH.

So jangan gundah lagi  ya ketika ada teman atau ketika membaca sebuah artikel ada yang menyebut istilah HH, kini anda sudah tau artinya.

6. Bootloop

Bootloop adalah suatu kondisi ketika hp anda terus melaksanakan boot ulang dan tidak mau masuk ke home screen, kondisi ini terjadi  ketika hp dihidupkan atau direstart.

Boot ialah dikala ketika hp startup ingin menyala, sedangkan loop ialah pengulangan, boot loop ialah ketika hp anda terus- menerus melaksanakan boot -restart -boot restart begitu seterusnya tanpa berhenti.

Bootloop biasanya disebabkan lantaran adanya modifikasi sistem secara ekstrim, menyerupai contohnya melaksanakan flashing yang gagal, kesalahan melaksanakan root android, error ketika melaksanakan flash twrp dan penyebab lainnya.

7. Softbreak dan Hardbreak

Softbreak ialah suatu kondisi kerusakan pada hp ketika hp dihidupkan tidak mau masuk ke hidangan utama atau home screen, hp hanya menampilkan animasi logo saja tanpa mau start atau orang banyak yang menyebutkan stuck logo.

Softbreak biasanya penyebabnya sama dengan bootloop, dan hp masih bisa diperbaiki dengan cara-cara tertentu.

Hardbreak ialah kondisi yang lebih parah dari hardbreak, biasanya kondisi hp mati total, namun ketika di cash, indikator baterai masih kelihatan, penyebabnya tidak jauh berbeda dengan penyebab yang bisa mengakibatkan hp bootloop atau softbreak.

Ketika hp dalam kondisi hardbreak kemungkinannya sangat kecil untuk bisa diperbaiki dan pulih kembali mungkin kesempatan hp kembali normal hanya 3% saja, ada cara-cara tertentu untuk memperbaikinya, jalan terakhir ialah memperbaikinya ke service center.

Itulah beberapa istilah android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak) yang sering sekali digunakan, semoga uraian pada artikel di atas bisa menambah info untuk anda.

tags: