Home » gadget » Nih Cara Kompres Ukuran File Video 360 Derajat Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Nih Cara Kompres Ukuran File Video 360 Derajat Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Minggu, Desember 3rd 2017. | gadget

cara menghemat kuota untuk upload video  Nih Cara Kompres Ukuran File Video 360 derajat Tanpa Mengurangi Kualitas gambar

Mengabadikan moment indah disekitar secara keseluruhan tak terlewat dengan kamera 360 derajat.

Dengan teknologi kamera 360° kita sanggup gampang mengabadikan semua bencana yang tak ingin terlewat disekitar kita. Kita cukup meletakan kamera di tengah suatu ruangan atau tempat, maka kamera 360° sanggup meng-chapture dengan view 360°area disekitarnya. Menjadikan video kenangan sendiri, lantaran pada ketika kita menonton video 360° dengan kacamata VR atau Google Cardboard, tentu saja seperti kita kembali ke kawasan dan masa itu.
Kita sanggup melihat atas-bawah, depan-belakang, samping kanan dan kiri yang semua terekam oleh kamera 360°.

Namun ada suatu hambatan dimana sebuah file video 360° dengan durasi 2 menit saja sanggup menghabiskan memori penyimpanan lebih dari 1- 2 GB atau lebih. Sebab, untuk menghasilkan video 360° dengan kualitas gambar yang manis dan jernih, kita harus set maximal resolusi kamera 360. Ini supaya video 360° tidak blur. Apalagi jikalau Anda memakai Samsung Gear 360, tentu saja video hasil rekaman kamera ini memiliki properti file video 360 derajat yang sangat besar atau terlalu besar (ber-Giga Byte).

Terlebih jikalau kita ingin mengupload video 360 tersebut ke Youtube maupun Facebook. Tentu akan banyak memakai kuota data internet kita. Alias upload video 360° jadi boros kuota. Dimana ukuran file video 360 derajat sangat besar.
Ibarat sudah terlanjur beli kamera 360°, menyerupai Samsung Gear 360, Brica Insta Nano 360, SJCAM SJ360, kamera Kogan 360 atau yang lain tapi video 360° jarang diupload ke sosial media, lantaran sayang mikirin kuota data. Atau hanya upload sedikit-sedikit saja, takut kuota jebol.

Nah untuk mensiasati semoga upload video 360° lebih hemat kuota data internet, kita sanggup gunakan cara ini.
Dan cara ini dipakai jikalau aplikasi control untuk kamera 360 yang Anda punya, tidak sanggup mengkompres video 360° supaya ukuran filenya lebih kecil dengan kualitas video atau gambar yang sama dan tetap jernih.

Sebenarnya ada banyak aplikasi editing video 360° yang sanggup gunakan, menyerupai Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Cyberlink atau yang lainnya.

Tapi disini saya akan membagikan aplikasi untuk edit video 360 derajat dengan aplikasi Magix Movie Edit Pro Premium. Dimana aplikasi ini cukup gampang penggunaannya bagi pengguna yang masih awam ihwal editing video sekalipun. Disamping itu juga, aplikasi ini cukup kecil (kurang dari 500 MB) dan cukup ringan untuk PC atau laptop dengan prosesor jadul pun.

Syarat dan langkah untuk mengkompres video 360 derajat supaya ukuran file lebih kecil dengan Magix Movie Pro.

  1. PC atau laptop dengan windows 64 bit. Rekomended Windows 7 keatas (windows 8, Windows 10).
  2. Tentu saja aplikasi Magix Movie Edit Pro. Instal di laptop/PC.
  3. Siapkan video 360 derajat yang ingin kau edit.
  4. Buka aplikasi Magix Movie.
  5. Create new project, ganti “project name” sesuai dengan judul selera Anda, atau biarkan default. Movie settings, set / pilih 360° NTSC 1920p 2:1 (3840×1920, 29.97fps) atau sesuaikan dengan properti video 360° yang ingin Anda Edit.
  6. Untuk audio dan lokasi penyimpanan project hasil editing, biarkan default atau sanggup Anda set sesuai selera. Lanjut OK.
  7. Pilih “Import”. Browse atau cari video 360° yang ingin kau edit. Jika sudah ketemu, sorot judul video dengan mouse, maka akan muncul ikon Play, Crop, dan Download (tanda panah kebawah). Lanjut Pilih Download.
  8. Pada aplikasi ini, Anda sanggup edit sendiri, dari mulai crop, cut, penambahan effect, text atau yang lain sesuai selera.
  9. View atau preview video pada Magix Movie juga sanggup dirubah dari tampilan mode panorama menjadi view 360°, yang sanggup Anda lihat kanan-kiri, atas-bawah dengan menggeser mouse.
  10. Selesai edit, lanjut cara save video, atau cara export video 360° di Magix Movie.
  11. Pilih “File” kiri atas. Pilih “Export Movie” > Video as MPEG-4…
  12. Pada pecahan “Preset” biarkan default atau sanggup Anda ganti judul video dan folder penyimpannya sesuai selera Anda. Lanjut pilih OK.
  13. Rendering video 360° atau proses export video mungkin membutuhkan waktu agak lama, tergantung dari spek prosesor dan graphic card di laptop / PC.
  14. Selesai rendering. Coba bandingkan hasil export video 360° dengan Magix Movie dan video 360° orisinil yang belum diedit.

Melalui aplikasi saya sanggup mengurangi / mengkompres ukuran video 360° dari 1.5 GB menjadi sekitar 90 MB saja dengan resolusi video yang sama dan tentu saja kualitas gambar video tetap terjaga.
Tak hanya untuk kompres video, Anda juga sanggup editing, atau bahkan menambahkan logo atau foto sendiri di video 360°.

Untuk cara inject spatial metadata video 360 sebelum diupload ke Youtube, Anda sanggup gunakan cara ini.
Spatial metadata injector berkhasiat semoga video yang diupload ke Youtube dikenali sebagai video 360°.
Sebab, video 360° hasil rekaman kamera 360 tanpa di inject spatial metadata, hanya akan tampil sebagai video panorama flat (datar), fisheye (mata ikan), sphere atau hanya melengkung saja tidak sanggup digeser dan digerakan.
 

Selamat mencoba dan semoga cara reduce a size 360° video file without losing quality sanggup bermanfaat.

tags: , ,