Home » android developer » Nih, Cara Generate (Export) File Apk Project Android Di Android Studio

Nih, Cara Generate (Export) File Apk Project Android Di Android Studio

Minggu, Januari 28th 2018. | android developer

Di artikel kali ini saya ingin menjelaskan mengenai cara export file apk dari sebuah projek aplikasi android yang dibentuk di android studio.

Saya ingin membahasnya sebab saya lihat banyak para pengembang aplikasi android pemula atau para pengembang android yang gres pertama kali memakai android studio tampaknya mengalami kesulitan saat ingin merelease aplikasi android menjadi file apk.

Bahkan saya pribadi pun saat pertama kali migrasi dari eclipse ke android studio merasa kebingungan saat ingin menggenerate file apk, namun sesudah tau caranya ternyata untuk export file apk di android studio tidaklah begitu sulit, hanya membutuhkan beberapa langkah saja file apk pun siap di release ke google play store untuk dipublikasikan.

Perlu di perhatikan, di android studio ada 2 versi pembuatan file apk, yaitu build apk (file apk untuk debug atau testing) dan Generate signed Apk (file apk yang siap di-release ke google play store).

Kedua jenis versi tersebut berbeda, versi Build apk diperuntukan untuk tujuan testing atau pengujian aplikasi saja saat project masih belum fix 100%, apk jenis ini belum dapat di upload ke google play store dan belum dapat dipakai oleh banyak pengguna perangkat android

Sedangkan file apk versi Generate Signed APK yakni file apk yang sudah dapat di-upload di google playstore dan sudah bisa  didoanload dan dipakai oleh banyak user.

Untuk anda yang sedang membuat projek aplikasi android baik game maupun aplikasi android lainnya, jikalau projek sudah tanggapan 100% dan anda ingin membuat file apk yang siap direlease ke google play store, maka anda harus menentukan untuk meng-export file apk versi generate signed apk, sedangkanuntuk mencoba membuat file apk untuk pengujian saja, maka anda dapat menentukan Build APK

Cara Export / membuat  File APK  dari projek android di android studio

Lalu bagaimana cara meng-export atau membuat file apk dari projek di android studio ?,

Berikut saya akan jelaskan bagaimana cara export file apk projek android di android studio, baik untuk Build apk maupun signed apk.

1. Cara Menciptakan file debug apk debug di android studio.

Seperti yang dijelaskan di atas buld apk yakni fitur untuk membuat atau meng-export file apk dari projek android di android studio yang fungsinya hanya untuk debugging saja atau hanya untuk testing saja, artinya file apk jenis ini belum dapat di upload ke google play store dan belum dapat dipakai oleh banyak pengguna.
Untuk menggenerate file debuging apk di android studio langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
a. Buka projek aplikasi android anda di android studio.
b. Pilih hidangan Build > Build APK
Tunggu proses pembuatan APK selesai, jikalau berhasil akan muncul notifikasi dengan pesan;

APK(s) Generated successfully.
Show in explorer

Silahkan tekan saja goresan pena Show in explorer untuk melihat file apk yang sudah dibuat.

Umumnya file debug-apk yang sudah digenerate akan tersimpan di folder lokasi:

Folder project android anda > app > build >outputs >apk 

dengan nama file app-debuk.apk

Ada dapat menginstal file tersebut memakai emulator android yang terinstal di komputer anda ibarat nox atau bluestack, atau dapat juga dipindahkan langsung  dan diinsal di perangkat hp android anda untuk anda jalankan.

2. Cara Meng-export file  apk untuk direlease ke google play store

Lain halnya dengan debug apk, release apk yakni file apk yang sudah 100% ok dan sudah siap direlease di-upload di google play store.

Pembuatan release apk dari projek android di android studio, tidak semudah membuat debugging apk, syarat utamanya yakni anda harus memiliki  file keystore

Apa itu file keystore ?

File keystore itu semacam akta untuk aplikasi android anda, jadi saat file apk akan direlease file tersebut harus sudah terpasang akta yang isinya biodata ibarat nama perusahaan, nama anda sendiri sebagai pembuatnya, nama alias dan juga password.

Bagaimana cara membuat file keystore ?

File keystore dapat anda buat sekaligus saat anda menggenerate file apk versi release untuk projek android anda di android studio.

Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Buka projek android anda di android studio

b. Pada aplikasi android studio pilih hidangan Bulid > Generate Signed APK

c. Maka akan muncul form untuk input data keystore ibarat gambar di bawah ini:

Silahkan isi dengan biodata anda / perusahaan anda, kemudian tekan ok jikalau sudah selesai, maka akan muncul tampilan berikut:

Data keystore akan eksklusif otomatis tampil, selanjutnya untuk menggenerate apk tekan saja tombol Next.

Anda akan diminta untuk memasukan password untuk konfirmasi, silahkan masukan ulang password keystore anda kemudian OK, maka akan tampil sebagai berikut

Untuk menggenerate release APK, silahkan lakukan pengaturan berikut:

Build Type : pilih release
Centang V1 (Jar Signatur) dan V2 (Full APK Signatur) ibarat terlihat pada gambar di atas.

Lalu tekan tombol Finish.

Tunggu sampai proses generate apk, jikalau berhasil akan muncul pesan

APK(s) Generated successfully.
Show in explorer

Silahkan tekan saja goresan pena Show in explorer untuk melihat file apk yang sudah dibuat.

Umumnya file release-apk yang sudah digenerate secara default akan tersimpan di folder lokasi:

Folder project android anda > app 

dengan nama file app-release.apk

Anda dapat mendistribusikan apk release terebut di google play store dan android store lainnya.

Jangan Lupa Simpan Baik-baik File Keystore yang sudah anda buat

Oh ya untuk anda yang sudah membuat keystore dan memakai keystore tersebut pada file apk alikasi android anda yang sudah di upload ke google playstore, maka sebaiknya playstore tersebut anda simpan baik-baik.
Silahkan catat nama alias keystore tersebut password keystore dan juga password alias.
Karena data tersebut akan sangat berkhasiat saat anda merelease ulang projek android lainnya.
File keystore yang sama harus dipakai kembali saat anda ingin memperbaharui dan generate file apk ulang aplikasi android anda.
Untuk itu file keysotore yang sudah dipakai harus disimpan dengan baik untuk dipakai kembali baik untuk menggenerate file apk projek android baru, maupun untuk enggeneate file apk project android usang yang ingin diperbaharui.
Demikian mengenai Cara Generate (Export) atau membuat File APK dari  project android di android studio, supaya membantu.
tags: