Home » Tutorial » Nih Cara Flashing Xiaomi Redmi Via Fastboot Mode Edl Update

Nih Cara Flashing Xiaomi Redmi Via Fastboot Mode Edl Update

Selasa, Desember 26th 2017. | Tutorial, xiaomi
– cara melaksanakan flashing smartphone Xiaomi melalui mode Fastboot EDL Update. Sebelumnya telah dibahas 4 cara flashing Xiaomi. Diantaranya ada metode system update, recovery update dan fastboot update. Dan ini yaitu cara terakhir yang sanggup dilakukan untuk melaksanakan flash pada ponsel Xiaomi.



Sebenarnya cara ini sedikit ibarat dengan metode Fastboot Update yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya. Perbedaannya terletak pada mode yang dipakai sebab kali ini kita memakai Mode EDL Update.

Apa Keunggulan Mode EDL Update?

Metode ini mempunyai beberapa kelebihan kalau dibandingkan dengan metode Fastboot Update biasa, yaitu pada metode ini kita sanggup melaksanakan flashing tanpa harus melaksanakan UBL, alias smartphone masih dalam kondisi Locked Bootloader.

Metode ini juga sanggup diterapkan pada pengguna Xiaomi yang tidak sanggup melaksanakan update melalui Recovery Update, System Update dan Fastboot Update. Atau juga kalau kita sedang memakai ROM abal-abal.

Perhatian!

Meski merupakan cara yang paling sanggup “membobol” ROM Xiaomi, tapi cara ini yaitu cara paling sulit dilakukan. Jika belum terbiasa atau masih awam dengan koputer dan android, lebih baik cara ini jangan dilakukan terlebih dahulu.

Disarankan untuk melaksanakan update memakai Fastboot Update saja kalau benar-benar belum yakin dengan risiko yang akan diterima. Ingat, bahwa risiko ketika gagal yaitu tanggung jawab sendiri.

Tutorial ini hanya berlaku bagi pengguna ponsel Xiaomi dengan processor Snapdragon atau Qualcomm.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :

  1. Baterai full charged atau minimal sudah terisi 50 persen.
  2. Kabel USB original Xiaomi.
  3. PC/Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 keatas.
  4. Driver Qualcomm HS-USB QDLoader (Windows 32 bit atau Windows 64 bit).
  5. Driver ADB Installer.
  6. Aplikasi MiFlashTools.

Langkah-Langkah :

  1. Install QDLoader HS-USB Driver.
  2. Jalankan MiFlashTools dengan cara buka path C:\XiaoMi\XiaoMiFlash, kemudian klik kanan run as administrator pada XiaoMiFlash.exe.
  3. Sambungkan perangkat Xiaomi ke PC atau Laptop dengan kabel USB original.
  4. Matikan smartphone Xiaomi dan masuk ke mode Fastboot. Untuk langkahnya sanggup lihat artikel berikut.
  5. Buka path C:\adb\, kemudian klik kombinasi tombol Shift dan Klik Kanan pada belahan kosong, kemudian klik Open Command Window Here.
  6. Pastikan Xiaomi sudah terkoneksi ke PC atau Laptop dengan klik perintah fastboot devices.
  7. Lalu ketik perintah fastboot oem edl.
  8. Kemudian layar akan mati dan ditandai dengan lampu notifikasi berkedip warna merah. Saat ini ponsel Xiaomi sudah masuk ke mode EDL.
  9. Kembali ke MiFlashTools, klik Refresh maka ponsel Xiaomi akan terdeteksi sebagai COMx (bisa COM2, COM5, COM9, dll)
  10. Selanjutnya klik Select dan pilih folder dimana kau meletakkan file hasil ekstrasi ROM yang akan dipakai untuk update.
  11. Jika sudah, klik Flash.
  12. Tunggu hingga muncul goresan pena Flash Done.
  13. Jika sudah, smartphone Xiaomi akan restart secara otomatis.

Jika berhasil, maka smartphone Xiaomi kita akan otomatis menuju homescreen ibarat biasa. Tapi kalau gagal, ketika smartphone Xiaomi kita hanya stuck di logo Mi dan tidak ada tanda titik tiga dibawah, artinya smartphone kita mengalami bootloop.

Untuk mengatasinya, kita sanggup baca artikel Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi.

Pada beberapa kesempatan, pengguna Xiaomi juga tidak sanggup masuk ke mode EDL. Bisa ditandai dengan smarpthone Xiaomi tetap mati, atau restart dan kembali ke homescreen.

Untuk mengatasinya, kita sanggup baca artikel Cara Mengatasi Gagal Masuk Mode EDL Xiaomi Redmi.

Sekian bahasan mengenai cara flashing Xiaomi memakai dengan metode Fastboot mode EDL Update. Cara ini sanggup diterapkan di semua ponsel Xiaomi ibarat Xiaomi Redmi Note 4 (Mido), Mi Max 2, Redmi 5 Plus, Redmi 5A, dan semua ponsel Xiaomi lainnya.

tags: , ,