Home » android » Nih Cara Fix Handphone Android Selalu Muncul Iklan Yang Mengganggu

Nih Cara Fix Handphone Android Selalu Muncul Iklan Yang Mengganggu

Sabtu, Oktober 1st 2016. | android
Handphone Android terkena malware yang menyebabkan seringnya pop-up iklan di layar handphone Android. Nah yang dimaksud dengan iklan pop-up yaitu iklan bergambar atau video iklan yang selalu muncul saat membuka aplikasi apapun. Dan biasanya, iklan-iklan pop-up menyerupai ini muncul saat handphone android terhubung dengan koneksi internet.

Tentu yang pernah mengalami bencana menyerupai ini sangat kesal kan? Bisa dibayangkan mau buka aplikasi Facebook saja, yang seharusnya aplikasi menyerupai ini tidak disusupi oleh malware iklan, tetapi selalu saja muncul iklan pop-up.

Nah, permasalahan muncul iklan pop-up juga pernah saya ketemukan di handphone Mito. Tiap kali handphone terhubung dengan koneksi internet, handphone android ini selalu muncul iklan pop-up yang menutupi penuh layar handphone yang kadang tidak dapat di skip iklannya dan malware iklan ini sering mendownload sendiri aplikasi aneh-aneh yang tidak di inginkan.

Dan bahkan untuk mehilangkan iklan pop-up menyerupai ini, saya sudah melaksanakan hard reset, namun tetap saja saat layanan data internet handphone aktif, ataupun terkoneksi dengan wifi, iklan pop-up ini tetap saja muncul di layar handphone Android Mito. Seolah-olah malware/adware sudah tertanam di aplikasi sistem bawaan handphone. Makanya melaksanakan hard reset pun belum tentu berhasil menghilangkan malware/adware iklan pop-up menyerupai ini.

Bahaya Malware/Adware Iklan Pop Up Di Android.

Malware iklan pop-up menyerupai ini biasanya juga menyebabkan baterai handphone Android semakin cepat habis, handphone jadi lemot, boros kuota data alasannya yaitu sering mendowload aplikasi yang tidak terang alasannya yaitu malware ini akan terus bekerja saat handphone dipakai dan terhubung dengan internet. Dan bahkan kalau sudah parah kadang malware di android ini, dapat menyebabkan kartu sim card yang kita gunakan untuk internetan dapat terdaftar sendiri di layanan konten premium penyedot pulsa. Karena gara-gara iklan pop up yang sering muncul dan susah di-skip tidak sengaja ter-klik. Dan entah itu penyebabnya atau bukan, tapi sejak handphone Android Mito terkena virus iklan, kartu Axis yang dipakai untuk internet tiba-tiba saja terdaftar di layanan konten premium tidak jelas.

Cara Menghilangkan Malware/Adware Iklan Pop Up Di Handphone Android.

Setelah beberapa hari, jadinya saya dapat menghilangkan malware/adware iklan pop-up di Android Mito ini. Penyelesain cara mengatasi virus iklan yang selalu muncul tiap kali membuka aplikasi di handphone android, saya memakai cara di bawah ini.

Cara Pertama Dengan Menggunakan Aplikasi Adware Removal.

Cara pertama untuk mengatasi handphone Android terkena virus malware iklan pop up yaitu dengan menginstal aplikasi Adware Removal atau kau dapat memakai aplikasi Kaspersky Antivirus & Security.
Atau gunakan aplikasi Malwarebytes Security. Yang mana aplikasi Malwarebytes Security juga direomendasikan oleh Google untuk mengatasi persoalan handphone Android yang sering muncul iklan yang mengganggu.
Ini berfungsi untuk mengetahui sumber iklan pop up dan virus yang menyebabkan iklan terus-terusan muncul dan mengganggu di handphone Android.

Ketika sudah selesai scan dengan aplikasi Malwarebytes atau Kaspersky, maka akan terlihat dari sumber malware atau virus iklan tersebut. Lalu kau dapat menghapus atau uninstal aplikasi sumber iklan itu. Namun untuk malware yang sudah tertanam dan sudah menyusup di aplikasi sistem bawaan handphone, kau tidak dapat melaksanakan uninstal aplikasi yang sudak terkena virus iklan itu. Karena untuk menghapus aplikasi sistem atau aplikasi bawaan handphone, kau membutuhkan saluran root. Atau kalau kau menemukan / mewaspadai aplikasi tertentu sebagai sumber virus iklan yang tidak dapat dihapus, coba “paksa berhenti” dan non aktifkan. Buka keamanan dan perijinan, jangan ijinkan aplikasi terkoneksi dengan data seluler maupun WiFi.

Cara Kedua Dengan Memformat Kartu SD Card.

Malware virus iklan pop up ini kadang juga tersimpan dan menyusup ke memory card/sd card yang terpasang di handphone Android. Dan bahkan saat saya scan memory card/sd card dengan Kaspersky terdeteksi virus trojan. Sangar kan..hehe..

Nah sebelum kau memformat sd card ada baiknya kau scan scard kau dengan anti virus, dan setelahnya back up data yang perlu di komputer. Kemudian gres kau dapat lakukan format ulang sd card.

Cara Ketiga Dengan Root Mode.

Untuk cara root tiap-tiap handphone Android akan berbeda-beda caranya, ada yang dapat pake aplikasi Framaroot, Kingroot atau metode yang lain. Jika handphone kau sudah mendapat saluran root kau kini dapat uninstal aplikasi bawaan handphone yang sudah tersusupi virus iklan pop up. Dan kau juga dapat menghapus aplikasi bawaan handphone yang tidak penting.

Aplikasi Kingroot berfungsi juga sebagai clear ram, clear cache, dan yang paling penting aplikasi Kingroot juga dapat memblokir aplikasi tertentu semoga tidak terhubung ke internet. Namum aplikasi Kingroot dalam defaultnya memakai bahasa China yang membingungkan bagi yang tidak mengerti. Nah kalau kau galau memakai aplikasi Kingroot, kau dapat menginstal SuperUser untuk menggantikan Kingroot.

Cara Keempat Dengan Cara Factory Reset Dan Flashing Ulang.

Ketika kau sudah mengalah menghapus malware iklan pop up yang nakal dan sering muncul di handphone android, kau dapat melaksanakan factory reset atau sekalian flashing ulang handphone kamu. Untuk cara flashing handphone android, tentu beda-beda tiap tipe handphonenya dan kau dapat mencarinya di Google. Jangan lupa setelahnya lakukan hard reset dan format sd card yang terpasang di handphone Android kamu.

Tapi kadang, setelah flash ulang pun, sehabis update aplikasi iklan yang mengganggu tetap saja muncul. Ini dikarenakan memang dari aplikasi sistem bawaan handphone memang berisi iklan. Silahkan cek aplikasi launcher dan non aktifkan rekomendasi apl.

Nah semoga tips cara gampang mengatasi handphone Android terkena virus/malware/adware iklan pop up yang muncul terus-menerus tiap kali membuka aplikasi dapat mempunyai kegunaan untuk kamu.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

tags: