Home » Tutorial » Nih Cara Extract File .Tgz Dengan Memakai 7Zip

Nih Cara Extract File .Tgz Dengan Memakai 7Zip

Selasa, November 7th 2017. | Tutorial
– Ekstrak file berekstenti .tgz dengan aplikasi. Hallo kali ini admin tiba lagi dengan memperlihatkan sebuah artikel yang berisi tutorial, atau dapat dikatakan sebagai tips juga alasannya selain menjelaskan langkah-langkah namun juga memberi saran. Apa sih yang akan kita bahas kali ini, meski tak secara eksklusif bersinggungan, tapi artikel kali ini tetap ada sangkut pautnya dengan Xiaomi.



Setelah sebelumnya anda membaca artikel mengenai Cara Flashing Xiaomi, dan kebingungan ketika melaksanakan langkah dikala melaksanakan extract file .tgz, maka aku putuskan untuk menciptakan artikel ini. Oh ya sebelumnya kenapa harus file .tgz padahal di website resmi MIUI ada juga file ROM yang berekstensi .zip.

Apa Bedanya ROM MIUI .zip dan .tgz?

Begini penjelasannya. Jika kita mempunyai smartphone Xiaomi dengan ROM Global Stable dan ingin melaksanakan update secara manual (tidak eksklusif update melalui ponsel Xiaomi tapi mendownload terlebih dahulu ROM Update dan menginstallnya lewat Updater tanpa koneksi internet), maka kita harus memakai file yang berekstensi .zip dan kemudian dapat Update ROM Tanpa Koneksi Internet.

Tapi bila kita ingin melaksanakan downgrade atau juga ganti ROM (update ROM juga bisa) dengan memakai mode Fastboot (karena downgrade dan ganti ROM tidak dapat memakai Updater), maka kita harus memakai file yang berekstensi .tgz.

Intinya file .tgz itu dipakai untuk melaksanakan flashing pada ponsel Xiaomi melalui mode Fastboot dan file .zip hanya diperuntukkan untuk update saja melalui Updater tanpa koneksi internet.

Nah dari pengalaman saya, sehabis aku mendownload ROM dan membaca Tutorial Downgrade MIUI Via Fastboot, aku tahu bahwa file itu harus diekstrak. Karena masih sangat awam, aku eksklusif saja extract file itu memakai Winrar.

File .tgz nya memang terinstall baik, tapi file images-nya tidak dapat diinstall memakai Winrar lagi. Selalu saja muncul pesan eror setiap kali ingin mengekstak file yang berisi data-data ibarat flash_all.bat, dll tersebut. Setelah google kesana kemari alhasil aku tahu bahwa hal itu dapat diatasi dengan 7zip. Akhirnya aku mengekstrak file tersebut memakai aplikasi 7zip.

Bagaimana Cara Ekstak File .tgz dengan 7zip?

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Yang pertama anda harus download 7zip.
  2. Kemudian install di laptop / komnputer anda hingga selesai.
  3. Klik kanan pada file images yang tidak dapat diekstrak dengan Winrar tersebut dan kemudian pilih Extract with 7zip.
  4. Tunggu beberapa dikala dan proses selesai.
Setelah file tepat terekstrak nanti akan muncul pemeritahuan bahwa proses sudah selesai. Setelah file images sudah terekstrak, barulah kita dapat melanjutkan proses Flashing ibarat downgrade MIUI lewat Fastboot.

Pengalaman saya, bila hanya file .tgz saja yang diekstrak, kita masih belum dapat melaksanakan flashing ponsel Xiaomi. Tapi bila kita sudah mengekstrak sebanyak dua kali (file utama yang berekstensi .tgz dan file images), maka kita gres dapat melaksanakan flashing pada ponsel Xiaomi.

7zip juga lebih baik daripada Winrar. 7zip bisa melaksanakan extract atau kompres dengan ekstensi file yang lebih bermacam-macam daripada Winrar. Kita ketahui bahwa Winrar hanya terbatas pada beberapa file ekstensi saja, ia akan bekerja lebih baik untuk file .rar, .zip, .iso, dan beberapa ekstensi familiar lain. Tapi untuk ekstensi lain, 7zip lebih elok dan lebih terjamin.

Sekian artikel kali ini, perihal cara extact file ekstensi .tgz memakai aplikasi 7zip. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin berguru flashing pada ponsel Xiaomi atau ponsel Android lainnya alasannya banyak ekstensi file ROM memakai .tgz .Bila ada pertanyaan dapat eksklusif diajukan saja di kolom komentar.

tags: