Home » Tutorial » Nih Cara Downgrade Miui Via Fastboot Xiaomi Redmi

Nih Cara Downgrade Miui Via Fastboot Xiaomi Redmi

Selasa, November 7th 2017. | Tutorial, xiaomi
– Cara Ganti ROM MIUI Lewat Fastboot. Begitu gampang bagi kita jikalau ingin melaksanakan pergantian ROM di ponsel Xiaomi. Bila pada ponsel kita terjadi kerusakan sistem ibarat browser tidak berfungsi dengan baik, jaringan atau sinyal 3G dan 4G sering hilang dan mungkin tidak ada lagi. Mungkin saja hal itu disebabkan lantaran ada sistem dalam ROM kita yang rusak.



Atau apabila kita sudah melaksanakan update ROM ibarat pada kasus Xiaomi Redmi Note 4 yang ketika ini sudah mencapai MIUI 9 tapi di banyak forum-forum saya sering membaca komentar dari para pengguna Mido bahwa ROM yang terbaru justru semakin boros baterainya meski performanya lebih baik dan lebih cepat.

Memang harus ada yang dikorbankan jikalau ingin meningkatkan performa, yaitu sumber daya alias baterai. Oleh lantaran itu banyak yang menentukan untuk kembali memakai MIUI versi usang ibarat MIUI 8.2.10 yang dianggap sebagai ROM keramat lantaran dianggap sangat ekonomis baterai dan performanya terbilang stabil.

Tapi jikalau kita ingin melaksanakan downgrade MIUI, kita tidak dapat eksklusif melaksanakan flashing pada ponsel Xiaomi kita, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa ponsel Xiaomi kita sudah memenuhi beberapa tahap berikut ini.

Jika kedua langkah tersebut sudah dilakukan, maka kita dapat melaksanakan downgrade pada ponsel Xiaomi. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk downgrade Xiaomi yang dapat anda baca disini, tapi cara yang paling direkomendasikan oleh para senior-senior Xiaomi yaitu Fastboot.

Kenapa Fastboot?

Karena Fastboot melaksanakan flashing dengan cara mengganti seluruh sistem yang ada di ponsel Xiaomi dan menghapus seluruh data-data usang sehingga tidak akan terjadi bentrok data pada ponsel Xiaomi kita.

Bagaimana cara downgrade MIUI memakai Fastboot?

1. Masuk Mode Fastboot

Terlebih dahulu kita harus mematikan ponsel Xiaomi dan masuk mode Fastboot dengan klik kombinasi tombol Volume dan Power Down. Atau jikalau ada kesulitan, dapat baca alternatif cara masuk mode Fastboot Xiaomi.

2. Hubungkan Ponsel ke PC

Setelah masuk mode Fastboot hubungkan ponsel ke PC dengan memakai kabel data.

3. Buka Aplikasi MiFlash Tool

Buka Mi Flash Tool dan klik refresh untuk mendeteksi perangkat (ponsel Xiaomi). apabila sudah terhubung, maka akan ada tanda berupa kombinasi angka dan huruf.

4. Pilih ROM

Pilih ROM yang akan kita gunakan untuk Flashing. ROM harus berformat .tgz, tapi ROM tersebut juga sudah harus diekstrak terlebih dahulu. Bila ada kesulitan, anda dapat melihat cara extract file .tgz memakai 7zip.

5. Klik Flash

Tinggal klik Flash dan tunggu proses Flashing beberapa saat. Biasanya proses flashing memakan waktu 5-20 menit tergantung kecepatan PC dan kecepatan Xiaomi kita.

Kadang ada yang gagal dalam melaksanakan flashing, berikut beberapa hal yang dapat mengakibatkan Flashing Xiaomi gagal. Bisa disebabkan beberapa hal dan cara penyelesaiannya juga berbeda. Anda dapat melihat artikel lengkapnya di link yang telah dicantumkan diatas.

Sekian tutorial untuk melaksanakan downdgrade di ponsel Xiaomi. Mungkin bagi orang awam di dunia Xiaomi akan merasa hal ini cukup sulit dan mungkin anda akan khawatir dengan ponsel apabila terjadi kegagalan Flashing sehingga banyak yang bertanya apakah dapat melaksanakan Flashing dengan memakai Updater saja?

Saya pernah membahasnya di artikel Cara Downgrade MIUI Via Updater. Mungkin sehabis kalian membaca artikel tersebut kalian dapat lebih tahu perihal dunia flashing Xiaomi dan kalian akan ingin tau untuk melakukannya. Karena bagi saya, Xiaomi is nothing without Flashing. Happy Flashing!

tags: ,