Home » xiaomi » Nih Arti Nama Xiaomi

Nih Arti Nama Xiaomi

Rabu, Januari 20th 2016. | xiaomi
Perusahaan yang dijuluki Apple Tirai Bambu yang berjulukan Xiaomi niscaya tidak abnormal lagi ditelinga masyarakat Asia. Pasti beberapa orang juga bertanya-tanya mengapa diberi nama demikian, apa bahwasanya arti dari nama Xiaomi tersebut?.

Xiaomi Indonesia

Menurut Wikipedia Indonesia, pengertian Xiaomi secara harfiah yakni “Teknologi Xiaomi”, atau “Teknologi Beras Kecil (little rice)“. Xiaomi yaitu sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor sentra di Beijing yang berdedikasi untuk membuat pengalaman pengguna dari segala aspek. Lalu darimanakah nama Xiaomi ditemukan?

Rahasia di balik nama Xiaomi diungkapkan eksklusif oleh Steve Vickers, selaku General Manager Xiaomi Southeast Asia ketika berkunjung di Indonesia.

“Xiaomi artinya “little rice”, yang didapat ketika kumpul bareng dengan orang-orang lingkungan sekitar yang sudah terbiasa konsumsi nasi tersebut,” ujar Steve, di Jakarta Kamis (02/07) ketika program Iftar with Mi.

Nama ini sangat bagus, mengingat beras dikonsumsi oleh semua orang dari banyak sekali kalangan. Dari kalangan kelas rendah sampai kelas atas, dari orang miskin sampai orang kaya. Semuanya mengkonsumsi makanan yang sama dan menjadi penghubung status soial di masyarakat.

Perusahaan Tiongkok ini optimis dengan nama Xiaomi, dengan cita-cita teknologi yang mereka buat bisa menyasar semua kalangan masyarakat sehingga tidak ada deskriminasi. Artinya, semua orang bisa merasakan teknologi modern, bukan hanya orang kaya saja.

Hal itu terbukti ketika Xiaomi meluncur di Asia dan disambut baik oleh kalangan masyarakat dan bahkan ketika ini sudah mempunyai banyak fans di Indonesia. Di Facebook contohnya terdapat group berjulukan FORUM XIAOMI INDONESIA yang anggotanya sudah lebih dari 10 ribu orang. 

Sejarah berdirinya Xiaomi
Menurut sejarah, Xiaomi didirikan pada tahun 2010 oleh  Lei Jun. Selain sebagai seorang pendiri,  Lei Jun juga berprofesi sebagai CEO Xiaomi. Perusahaan ini diciptakan dengan tujuan merancang, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi mobile, dan produk elektronik lainnya. 

Menurut IDC, Xiaomi telah menjadi produsen telepon cerdas terbesar ketiga di dunia. Samsung masih tetap diurutan pertama meskipun produksinya menurun, kemudian diikuti Apple di urutan kedua. Lenovo dan LG mengikitui di urutan keempat dan kelima. Laporan IDC juga menyatakan bahwa Di Tiongkok, Xiaomi juga menjadi vendor telepon cerdas terbesar tahun 2014, dan membelakangi Samsung.

tags: