Home » android developer » Nih, Aplikasi Di Hapus Dari Google Play Store Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya !

Nih, Aplikasi Di Hapus Dari Google Play Store Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya !

Jumat, Juni 22nd 2018. | android developer

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet secara online ialah dengan menciptakan aplikasi android kemudian dipasangi iklan admob, kemudian di upload di google play store, kita akan sanggup komisi dari google saat iklan di klik atau ditonton oleh pengguna.

Untuk upload aplikasi di google playstore sesungguhnya sangatlah mudah, namun yang benar-benar harus diperhatikan ialah aplikasi yang kita buat harus sesuai dengan kebijakan google play store, jikalau tidak maka siap-siap saja aplikasi kita mendapatkan penalty, sanggup aplikasinya dihapus atau bahkan akun google playstore yang kita miliki di banned atau ti suspend.

Salah satu penalty yang pernah saya alami berkaitan dengan aplikasi android yang saya upload di google play store ialah aplikasi dihapus dari google playstor oleh google, padahal aplikasi tersebut murni buatan saya langsung dan bukan hasil reskin.

Ketika google melaksanakan pembatalan aplikasi yang kita miliki umumnya google akan mengirimkan email ke alamat email yang kita gunakan untuk aplikasi tersebut, pada email tersebut biasanya berisi penyebab atau alasan kenapa aplikasi tersebut hingga dihapus.

Ini juga terjadi sama saya pribadi, saya mendapatkan email pembatalan aplikasi menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet secara online ialah dengan menciptakan a Nih, Aplikasi di hapus dari google play store ini penyebab dan cara mengatasinya !

 Penyebab aplikasi saya di google playstore dihapus google?

 Berdasarkan email yang dikirm google tersebut, ternyata penyebab aplikasi android yang saya miliki dihapus dari google playstore ialah alasannya ialah aplikasi tersebut dianggap melanggar kebijakan dengan alasan Aplikasi mengirim dan mengumpulkan id pengiklan android.

Setelah saya periksa di source code aplikasi ternyata benar saja, aplikasi yang dihapus tersebut memakai id iklan dari aplikasi saya yang lainnya.

Sebenarnya setiap aplikasi yang saya buat, masing masing mempunyai id-iklan admob yang berbeda-beda sesuai dengan package aplikasinya, namun untuk aplikasi yang satu ini alasannya ialah keteledoran, saya salah memakai iklan admob.

Iklan admob yang saya tempel untuk aplikasi tersebut ternyata iklan admob milik aplikasi saya yang lainnya, dan itulah penyebabnya.

Apakah dibolehkan banyak aplikasi memakai ID iklan admob yang sama ?

Sebenarnya jikalau dilihat dari email tersebut, boleh-boleh saja setiap aplikasi android yang kita buat memakai iklan admob yang sama, namun harus disertai dengan privacy policy yang benar.

Kalo saya sih alasannya ialah galau menciptakan privacy policy untuk aplikasi yang memasang id iklan android yang sama, jadi saya menentukan mengganti id iklan admob pada aplikasi tersebut, dengan id iklan admob yang memang diperuntukan untuk aplikasi tersebut.

Solusi semoga aplikasi tayang kembali ?

Tentunya setiap aplikasi yang terhapus mempunyai penyebab berbeda-beda, namun untuk kasus saya kebetulan penyababnya ialah alasannya ialah aplikasi memakai ID Iklan dari aplikasi lain.

Untuk solusinya sesungguhnya sanggup dilihat di email yang dikirim oleh google, Solusi yang saya lakukan untuk untuk kasus saya cukup mengupdate aplikasi yang dihapus dengan versi terbaru yang didalamnya sudah dilakukan perubahan, dalam hal ini yaitu mengganti id iklan pada aplikasi tersebut dengan id iklan yang memang diperuntukan untuk aplikasi tersebut.

Setelah diupdate ulang, kesannya tidak harus menunggu lama, hanya dalam beberapa jam saja aplikasi yang terhapus tersebut, dikembalikan oleh google dengan status rating dan komentar menyerupai sedia kala sebelum aplikasi tersebut dihapus.

Pengalaman di atas semoga bermanfaat untuk anda yang kebetulan mengalami pembatalan aplikasi android di google playstore, siapa tau penyebabnya sama.

Semoga bermanfaat.

tags: