Home » android » Nih, 3 Cara Kalibrasi Baterai Hp Android Yang Benar Dan Terbukti Ampuh

Nih, 3 Cara Kalibrasi Baterai Hp Android Yang Benar Dan Terbukti Ampuh

Kamis, April 20th 2017. | android, android tips

Baterai yakni alat penyimpan daya yang ketika ini banyak dipakai hampir diperangkat gadget, baterai yang banyak dipakai ketika ini selain semakin tipis dan ringan, juga mempunyai kapasitas penyimpanan daya yang semakin besar, sehingga teknologi baterai yang dipakai di hp android bisa menyimpan daya dalam waktu yang cukup lama.

Untuk urusan baterai, sistem android benar-benar mempunyai fitur yang cukup lengkap, salah satu fitur baterai yakni info perihal baterai salah satunya pengukur sisa kapasitas baterai, sehingga ketika hp android dipakai maka sistem akan menampilkan informsi berapa persentase baterai tersisa sehingga bisa antisifasi tidak hingga kehabisan baterai.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, terkadang kondisi baterai yang dipakai oleh hp android tidak selalu normal, banyak kasus alasannya yakni usia perangkat sudah lama,  baterai yang dipakai pun gampang sekali habis.

Ketika baterai hp android anda gampang habis terkuras, padahal tidak dipakai secara berlebihan, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada baterai tersebut, bisa alasannya yakni rusak secara fisik ibarat menggelembung, retak dll, atau bisa juga alasannya yakni rusak secara software.

Baterai yang rusak dari sisi software biasanya nilai persentase level baterai yang terbaca tidak menandakan angka yang sebenarnya, info angka persentase yang terlihat bisa lebih besar dari sebenarnya, bisa saja terlihat 80%, padahal gres terisi 40%, sehingga dianggap baterainya bermasalah.

Lakukan Kalibrasi baterai untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level batarai

Ketika kondisi baterai hp anda dirasa tidak nomral ibarat biasanya, contohnya batarai cepat habis, padahal daya 100%, salah satu yang bisa anda coba untuk memperbaikinya yakni dengan melaksanakan kalibrasi baterai.

Ada berbagai pengguna yang menganggap bahwa kalibrasi baterai untuk meningkatkan daya baterai biar tahan lama, atau ada juga yang menganggap untuk meningkatkan performa baterai, padahal kalibrasi baterai tujuannya yakni untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level baterai, sehingga pembacaan level baterai kembali bekerja dengan baik.

Oleh alasannya yakni itu cara yang bisa anda coba ketika anda mencicipi baterai hp android anda tidak lagi berjalan normal ibarat biasanya ibarat awal ketika digunakan, maka anda bisa mencoba melaksanakan kalibrasi pada baterai hp  android anda.

2 Cara Kalibrasi baterai hp android 

Sebenarnya cara kalibrasi baterai tidak mempunyai standar khusus,  tapi ada banyak cara yang ditawarkan untuk melaksanakan kalibrasi baterai hp android anda, ada yang memakai software khusus, ada juga yang memakai cara manual tanpa dukungan aplikasi.

Di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara kalibrasi baterai baik secara manual maupun dengan dukungan software khusus.

1. Cara kalibrasi baterai hp android secara manual tanpa dukungan software

Cara ini paling umum dipakai dan sangat sederhana, tidak perlu software apapun. langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Cara manual ke #1 :

1. Gunakan perangkat hingga baterai habis hingga perangkat mati dengan sendirinya.

2. Lakukan pengisian baterai (charge) dalam keadaan mati hingga kapasitas baterai full 100%.

3. `Setelah terisi 100%, biarkan perangkat dan jangan dulu dipakai selama 1 jam.

4. Selesai.


Cara manual ke #2:

1. Isi baterai hp hingga penuh 100% dalam keadaan menyala

2. Lalu sehabis penuh matikan, dan lakukan pengisian ulang hingga 100%

3. Cabut charger kemudian nyalakan hp, pasang lagi hingga 100%

4. Setelah terisi 100%, cabut charger dan biarkan (jangan digunakan) hingga ponsel mati sendiri sehabis mencapai level baterai 0%. Setelah mati, isi lagi hingga penuh

5. Selesai.

2. Cara kalibrasi baterai memakai software / aplikasi khusus

Cara ke 2 yang sanggup anda gunakan untuk kalibrasi baterai yakni memakai dukungan software khusus.

Ada banyak skali aplikasi khusus yang sanggup dipakai untuk kalibrasi baterai, beberapa diantaranya adalah

a. Current Widget : Baterai Monitor
Aplikasi khusus untuk melihat info kapasitas baterai sebenarnya, jadi dengan dukungan alat ini anda bisa mengisi baterai anda hingga kapasitasnya penuh menurut info dari aplikasi ini.

Silahkan download aplikasi Current Widget : Baterai Monirot, kemudian instalkan, sehabis diinstal anda akan melihat info kapasitas baterai hp android anda, silahkan lakukan pengisian baterai hingga kapasitas Current widget : Baterai monitor terlihat penuh

b. Baterai Calibration 
Aplikasi yang kedua yang sanggup membantu melaksanakan calibrasi baterai hp android yakni baterai calibration yang bisa anda download dari google play store.

Baterai calibration mempunyai info persentase level baterai tersendiri, kiprah anda yakni melaksanakan charge hingga penuh 100%, kemudian sehabis full, gres anda tinggal menekan tombol calibration. dengan cara ini  data kapasitas baterai sebelumnya akan diganti dengan yang terbaru sesuai dengan ukuran yang diinformasikan oleh baterai calibration.

3. Calibrasi baterai melui Mode Recovery TWRP /CWM

Di beberapa brand hp android sudah difasilitasi dengan mode recovery, atau anda bisa melaksanakan custom recovery TWRP /CWM biar anda bisa masuk ke mode recovery di hp android anda.

Untuk masuk ke mode recovery anda bisa mematikan hp anda, kemudian tekan tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.

Jika anda sudah bisa masuk ke mode recovery, maka anda tinggal menentukan opsi Advanced Section, di tampilan opsi ini anda akan melihat opsi Hapus statistik baterai, silahkan anda klik opsi tersebut.

Setelah itu kuras baterai anda dengan cara memakai perangkat hingga mati, sehabis ituisi baterainya hingga full 100% kemudian hidupkan.

tags: ,